Monday, August 24, 2015

Kesalahan Lirik Lagu Anak-Anak di Indonesia

Kesalahan Lirik Lagu Anak-Anak di Indonesia

Baiklah teman-teman kali ini saya akan mengungkap sedikit pengetahuan yang berkaitan dengan lirik lagu-lagu indonesia yang sering diajarkan kepada anak-anak. Lagu-lagu yang akan ungkap kali ini adalah beberapa lagu yang semua anak indonesia pasti sudah tahu dan hafal. Tujuan saya bukan untuk menjelek-jelekkan para pencipta lagu tersebut. Tapi tujuan saya adalah agar kita lebih selektif dan kritis dalam menerima informasi meskipun bukan lagu. Supaya ketika membuat atau menciptakan sebuah lagu lebih hati-hati dan realistis. Mungkin sebagian orang akan berkata : “ ah,ini kan lagu untuk anak-anak,jadi buat apa dipermasalahkan?’’ Memang sih, tapi tahukah teman-teman bahwa seorang anak akan menerima segala yang dia dengar dan meniru bahkan meyakininy sampai dia besar. Nah , jika dari kecil dia sudah mengoleksi informasi atau ilmu-ilmu yang salah , bagaimana dia akan sukses ? Untuk itu , saya hanya beharap agar teman-teman menilai tulisan saya ini dengan penilaian yang positif.

Ok kalau begitu langsung saja kita bahas beberapa lirik lagu berikut ini:

1. Bintang kecil ....
Di langit yang biru ...
Amat banyak ...
Menghias angkasa ...dst

Perhatikan liriknya! Bintang itu sebenarnya buka kecil. Cuma terlihat kecil saja. Kenapa terlihat kecil? Karena memang jarak antara bumi dengan bintang sangat jauuuh sekali. Penelitian seorang ilmuwan Prancis mengatakan jarak bintang yang paling jauh dengan bumi sejauh 10.000 tahun perjalanan cahaya. Perjalanan cahaya , bukan perjalanan manusia. Apakah teman-teman tahu berapa kecepatan cahaya? Cahaya bisa mengitari bumi 2 kali putaran dalam sedetik. Nah , itulah sebabnya bintang yang begitu amat sangat besar terlihat kecil. Jadi , seharusnya liriknya berbunyi “bintang terlihat kecil”.(bukan saya sok pintar ya teman-teman) Kemudian , bukankah bintang hanya terlihat pada malam hari? Dan apakah langit kelihatan biru pada malam hari? Seharusnya warna biru dalam lirik lagu ini diganti menjadi warna hitam(tapi karena pencipta lagu itu juga sudah tidak ada,jadi tidak usah diganti oleh teman-teman,hehe...)

2. Balonku ada lima 
Rupa-rupa warnanya
Merah,kuning,kelabu,
Merah muda dan biru,
Meletus balon hijau , DOORR !!!

Perhatikan kelima warna balon tersebut! Kenapa tiba-tiba muncul warna HIJAU ? Jadi balonnya sebenarnya 6 , bukan lima.

3. Cangkul ... cangkul ... cangkul yang dalam ...
menanam jagung di kebun kita ...

Menanam jagung kalau dicangkul dalam-dalam malah bisa mati lho jagungnya! Karena jangung cuma tanaman biji2an jadi seharusnya jangan dalam-dalam,cukup sedikit saja supaya jagungnya tumbuh. Untuk apa cangkul dalam-dalam kalau cuma menanam jagung?

Teman-teman itulah beberapa lagu yang menurut saya kurang realistis namun sangat terkenal dan hampir seluruh anak indonesia menghafalnya. Sebagai tambahan, ada sebuah lagu yang menurut saya sangat berbahaya dan perlu diwaspadai oleh teman-teman. “God Is A Girl” , itulah judul lagunya.
Coba  teman teman terjemahkan ke bahasa Indonesia dan teman-teman akan terkejut. Kalau teman-teman malas mencari  arti judul lagu tersebut, nih saya kasih tahu langsung.Lihat gambar di bawah :
lirik lagu indonesia

Jangan lupa LIKE, COMMENT, dan SHARE yaaa...!!!

0 komentar:

Post a Comment